Masa Remaja suatu fase perkembangan antara masa kanak-kanak dan masa Dewasa, yang terdiri dari masa remaja awal usia 11 s/d 14 tahun, masa remaja pertenganan 15 s/d 16 tahun dan masa remaja akhir 17 s/d 19 tahun, usia ini anak - anak tumbuh dan berkembang untuk mencari identitas diri, mereka sedang aktif-aktinya mengexplor potenasi yang ada di dalam dirinya, kalau anak-anak masuk dalam komunitas, lingkungan yang baik mereka akan tumbuh psiko emosionalnya, spsiko sosial dan psiko religinya dengan baik dan terarah akan tetapi sebaliknya kalau mereka tumbuh dan berkembang di tengah-tengah lingkungan lingkungan yang tidak baik seperti lingkungan pemakai narkoba, penganguran dan kehidupan religinya tidak ada maka anak tersebut akan tumbuh dan berkembang menjadi anak yang tidak baik seperti memakai Narkoba, tawuran tidak taat ibadahberani sama orang tua dll.

Mengapa remaja rawan terhadap penyalahgunaan Narkoba?!

Dalam periode masa remaja terjadi perubahan yang sangat pesat dalam bidang fisik,mental dan sosial. masa ini juga merupakan periode sedang mencari identitas diri sehingga remaja sangat mudah terpengaruh oleh lingkungan Umumnya pematangan fisik lebih cepat dari pematangan kejiwaan (psiko-sosial). Oleh karena itu seringkali terjadi ketidak seimbangan yang menyebabkan remaja sangat sensitif dan rawan terahap stres...?

Saya sangat berterimaksih dengan BNN pada tanggal 27 April 2009 mengadakan pertemuan dengan kader Penyuluh bertempat di gedung Golkar yang diikuti 150 siswa siswi perwakilan sekolag SMP dan SMA se-Kota Pontianak, kegiatan tersebut disisi acara penyampaian materi dan diskusi. Saya sangat terkejut ternyata masa remaja Saya dengan sekarang jauh berbeda mereka cerdas berani tampil di depan...... dengan jelas dan lugas mereka memaparkan hasil diskusinya...... saya menangkap peluang yang bagus untuk menjadikan dia menjadi penyuluh di sekolahanya kita hanya berperan dalam pembulatan.....Mengapa remaja lebih masuk untuk memberikan penyuluhan terhadap rekan-rekanya karena mereka mempunyai berbagaimacam persamaa antara lain :
1. Mempunyai gaya komuikasi dan bahasa yang sama, mereka tidak terlalu formil
dalam komunikasi.
2. Penampilan gaya yang sama.
3. Mereka bosan perintah larangan terhadap yang lebih tua.
4. Cara berpakaian yang sama.
5. Curhat ke teman sebaya.

Tapi......... program yang baik itu akan sia-sia kalau tidak ada tindakan selanjutnya misalnya pembuatan program kegiatan yang didanai oleh BNP dan BNK, Lomba penyuluhan atau dukungan teman sebaya, lomba jumlah kegiatan, supaya kegiatan ini berjalan secara berkesinambungan...... kebanyakan program BNN sudah bagus akan tetapi Folow Up dari BNP dan BNK tidak ada ..... sehingga kegiatan tersebut akan putus di pengkaderan saja.... dampaknya Penyalahgunaan Narkoba di Kalngan remaja akan terus meningkat....
Diposting oleh AGUS SUTEJO

0 komentar:

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates