Pada Hari Rabu tanggal 5 Pebruaria 2009 , Sewaktu siaran di Radio Diah Rosanti, ada penelpon seorang ibu ikut dialog interaktif, dia tanya tanda-tanda kena Narkoba, terus saya jawab:

1. Perubahan dari dalam anak tersebut:

a. Mudah tersinggung

b. Berat Badan menurun

c. Pulang kerumah selalu telat tanpa alasan

d. Prestasi sekolah atau kerja menurun

e. Teman baru bukan teman sebaya atau teman satu sekolah

f. Tidak mau kumpul acara keluarga.

g. Bangun tidur siang, malam begadang

h. Malas bekerja

i. Ada bekas suntikan di tangan atau anggota tubuh lainya

j. Napsu makan menurun

k. Mudah saki-sakitan

2. Ganguan keamanan dan ketertiban masyarakat

Ganguan keamanan dan ketertiban umum, ganguan dalam pembinaan masa depan bangsa yang baik, merusak dan merugikan dalam bidang sosial dan budaya, perekonomian, singkat merongrong ketahanan nasional sehingga akan terjadi Los genaration, perlu di ketahui payung dari sebagian besar tindak kejahatan berawal dari tindak pidana penyalahgunaan Narkoba, karena seseorang yang awalnya mencoba kemudian lambat laun jadi ketergantungan, dengan kondisi yang sudah ketergantungan seseorang akan dirusak semangat hidupnya sehingga mals bekerja dan sebaginya, sedangkan kebutuhanya untuk memebli narkoba itu mahal harganya sedangkan hartanya sudah habis kemudian melakukan tindak pidana seperti penipuan, pencurian, penjambretan, pembunuhan korupsi dan lain-lain.


Setelah saya jawab kemudian dia minta nomor pengaduan? setelah saya selesai siaran ibu tersebut menelpon saya pada intinya curhat, dial melihat anaknya menggunakan narkoba dengan menggunakan jarum suntik sejak kelas 2 STM, karena tidak tahu cara mengatasinya kemudian dibiarkan saja sampai sekarang, pada hal di dlm Psl. 86 (1) UU No. 22 tahun 1997 orang tua yang anaknya belum cukup umur telah menjadi pecandu wajib lapor kepada aparatur pemerintah, disini jelas kalau tidak melapor bisa dipidanakan tetapi sebaliknya kalau melapor tidak kena pidana bahkan akan dibantu untuk merehabilitasinya, kebanyak masyarakat kita ini kalau hartanya sudah dihabiskan oleh anggota keluarganya baru melapor kepada yg berwajib, dengan kata lain kalau sudah parah atau akut baru tertugah hatinya tanggung jawab sebagai orang tua untuk mengatasinya kalau pecandu ini sudah lama sudah rusak susunan syaraf pusatnya sudah terinfekasi penyakit menular seperti HIV/AIDS dan Hepatitis sehingga proses penyembuhanya berat. Uniknya kejadian kemarin ada tetangganya yang marah-marah anak ini mau kita bawa ke tempat rehabilitasi katanya " BIASANYA MATI KALAU DIMASUKAN KETEMPAT REHABILITASI" perlu di ketahui oleh masyarakat luas, kalau anaknya bisa berhasil dalam proses TR ( Terapi dan Rehabilitasi Narkoba) sewaktu mengetahui anakanya baru memakai narkoba langsung melapor ke Aparat Kepolisian terdekat, Puskesmas, kepala desa dan pak RT sehingga kerusakan otak atau tertularnya bebragai macam penyakit menular bisa di minimalkan kalau di Rehab anak tersebut kemungkinan besar akan sembuh, yang kedua sewaktu proses TR orang tua harus percaya kepada petugas jangan percaya keluh kesah anak yg direhab karena anak ini brupaya menyakinkan kepada orang tuanya biasanya sudah sembuh atau disiksa di tempat rehabilitasi, jangan sebaiknya mencoba melawan aturan-aturan yang ada di dalam tempat rehabilitasi.

Setelah saya yakinkan kepada keluarga dan masyarakat disekitar tempat tinggal pecandu lalu koordinasi dengan TIm KPA untuk di VCT setelah dilakukan pengambilan darah dan dilakukan pengetesan ternyata pecandu tersebut tidak mau mengambil hasil tes VCT, karena prosedurnya orang yang di tes yang berhak tahu hasilnya, maksudnya setelah tahu hasilnya + atau - orang tersebut akan di tes kesehatanya secara keseluruhan untuk mengetahui ada organ-organ tubuh yang rusak atau tidak hasilnya nanti sebagi rujukan untuk dilakukan rehabilitasi dan penngobatan penyakit lainya.

Disini saya ingatkan jangan coba-coba memakai Narkoba karena di dalm narkobamempunyai tiga sifat jahat yang pertama Habitual : yaitu sifat narkoba yang memaksa pecandunya untuk mencari terus menerus walaupun ketersediaan narkoba sudah ada.Toleransi: sifat Narkoba yang memaksa tubuh kita untuk menyesuaikan diri terhadap dosis narkoba yang kita salahgunakan dalam rangka untuk mendapatkan sugesti yg bisa mempengaruhui otak kita, Adiktif adalah sifat Narkoba yang apabila dikonsumsi oleh seseorang memaksa orang tersebut untuk menggunakan terus menerus tanpa melihat aturan sehingga kita akan diperbudak oleh Narkoba, kalau zat Narkoba itu tidakada di dalam tubuh pecandu akan berakibat Sakaw.


Diposting oleh AGUS SUTEJO

0 komentar:

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates